ARSITEKTUR MINIMALIS

ARSITEKTUR MINIMALIS - Istilah minimalis adalah satu konsep atau gaya dalam rancangan rumah tinggal yang tengah populer saat ini, dimulai tahun 1990an. meskipun konsep dasar minimalis telah muncul semenjak revolsi industri dan kebangkitan aliran modernisme dalam sejarah arsitektur dan berkembang sejak tahun 1920an setelah kelahiran style arsitektur International yaitu Style yang mengusung tema functionalism, clarity dan simplicity. Suatu gerakan penolakan terhadap peniruan/pengulangan bentuk yang lama serta penggunaan ornamentasi pada masa klasik yang anggap berlebihan, non struktural. Saat ini kemajuan teknologi dalam proses rancangan, konstruksi dan struktur yang memberi kemudahan, dann lebih efisiensi.

karya Frank Llyod Wright

Tokoh-tokoh arsitek modern adalah Berlage dari Belanda, Peer Behrens dari Jerman, Louis Sullivan, Frank Llyod Wright dan dLudwig Mies van de Rohe di Amerika yang terkenal dengan pernyataannya : keindahan dalam ber arsitektur adalah kesederhanaannya Less is more, Le Corbusier dari Perancis yang terkenal dengan sistem Le modularnya, satu konsep rancangan dengan pendekatan perulangan unit pada bangunan untuk kemudahan dalam penyusunan standar fungsional dan sistem modulasi struktur serta kecepatan dalam pembangunan yang memungkinkan sistem pelaksanaan konstruksi dengan material bangunan yang prefabrikasi dan Adolf Loos dari Inggris yang menyimpan kebencian terhadap ornamentasi dan dipandang-nya hanya satu bentuk ketakutan pada kekosongan ruang (horror vacui). Pernyataannya ini oleh ornament is crime.

Arsitektur minimalis adalah ekspresi masyarakat urban kontemporer yang kompetitif melalui sebuah cara hidup jujur, praktis dan sederhana secara total.

Refrensi: http://nustaffsite.gunadarma.ac.id

thumbnail
Judul: ARSITEKTUR MINIMALIS
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Arsitektur :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz Publisher Free Template