Kunsthal Rotterdam - Temporary Art Center

Kunsthal
Rotterdam
Temporary Art Center

Kunsthal adalah Karya Koolhaas tahun 1987-1992 yang terletak di Rotterdam, Belanda. Berfungsi sebagai tempat pameran seni konteporer dengan tiga ruang pamer yang digunakan secara bersamaan atau terpisah, juga memuat sebuah auditorium dan sebuah restoran untuk umum. Situasi lahannya sangat rumit dan menarik dengan adanya perbedaan ketinggian pada arah utara-selatan. Antara ketinggian taman yang bersambung dengan bangunan NAI karya Jo Coenen dengan ketinggian jalan raya. Selain itu juga terdapat jalur paralel Timur-Barat yang sejajar dengan jalan raya.

Kerumitan ini secara cerdik dipisahkan dengan wajar melalui cara pembagian organisme ruang secara vertikal. Ciri-ciri koolhaas tampil dalam perancangan bangunan ini pada urbanistasnya yang diperlihatkan oleh suasana massanya yang kompak serta pengaturan aksesibilitas publik dan privat yang terpisah dan dihubungkan secara baik.

Pemisahan horizontal area publik dan privat dilakukan dengan menggunakan bahan yang transparan sehinggat tercipta bias visual diantara bagian-bagian yang dipisahkan tersebut. Hal ini bertolak belakang dengan bangunan NAI yang sebetulnya mempunyai keamana dalam sifat kegunaannya sebagai bangunan yang dapat diakses oleh publik. Namun artikulasinya diselesaikan dengan sangan berbeda. Bangunan NAI diletakkan di atas sebuah danau dangan jembatan yang terlalu kecil jika dibandingakn terhadap program yang yang harus diakomodasikannya. Sehingga yang lebih terasa adalah pemisahannya, sehingga yang lebih terasa adalah pemisahan, bukan pengaturan, dimana sutuasi NAI menyerupai kastil jaman lama yang dikelilingi oleh danau.
thumbnail
Judul: Kunsthal Rotterdam - Temporary Art Center
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Karya Arsitek Dunia :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz Publisher Free Template